Telematika berasal dari istilah dalam bahasa perancis TELEMATIQUE. Bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Pada perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi. Perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika kemudian dipahami sebagian sistem electronik berbasis teknologi digital. Sesui dengan perkembangannya media dalam telematika berkembang menjadi wacana multimedia. Istilah teknologi informasi (TI), telematika, multimedia, atau informasi dan komunikasi tidak jauh beda maknanya, namum definisi tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.
Telematika juga bisa digunakan pada Instant Messeger. Instant messeger adalah sebuah teknologi internet yang mengizinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat bersamaan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama. IM termasuk kedalam perkembangan teknologi telekomunikasi dan informasi. Suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan. Setelah pengguna email yang mengubah cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk mengirimkan surat, teknologi pengiriman pesan singkat.
Bagi pengguna instant messenger yang pernah melakukan chatting atau komunikasi online. Komunikasi yang dilakukan adalah melalui kata-kata yang diketikkan, suara, atau video chatting. Instant messeger berbasis web adalah fitur chatting. Dewasa ini, perkembangan IM telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Penggunaan IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para pengguna melalui komputer, sekarang ini bisa diakses melalui telepon genggam. Dengan kemampuan yang dimiliki telepon genggam untuk mengakses internet melalui teknologi komunikasi, maka para pengguna maya dapat mengakses dunia maya kapan dan dimana saja.